1. Sadarilah bahwa yg anda ajak bicara itu juga manusia biasa. Syarat minimal untuk berbicara di depan umum sebenarny sudah anda miliki, yaitu: bisa berbicara dlm bahasa mereka.
2. Sadarilah bahwa bicara di depan umum tidak ada bedany dgn bicara di depan satu orang. Keduanya menuntut 1 hal sama, yaitu: kejelasan maksud. Jadi, kalau anda sudah lancar bicara dgn 1 org, artiny tdk ad problem bgi anda untuk bicara di depan umum.
3. Sadarilah bahwa untuk berbicara dgn orang lain, anda perlu niat. Artinya, kalau anda sudah tidak berniat atau enggan berbicara, maka berbicara dgn ruang kosong pun tdk akan bisa lancar.
4. Sadarilah bahwa anda hanya manusia biasa. Anda tempatnya salah dan lupa. Jadi, mengalami kesalahan bicara adalah wajar. Jadi, tidak usah takut salah bicara.
5. Sadarilah bahwa ditertawakan audiens itu bukan hal buruk, tapi bisa di tafsirkan sebagai hal baik, karena itu berarti, audiens menyimak anda. Jadi, jangan takut di tertawakan, dan justru supaya audiens tertarik, usahakan membuat mereka sesekali tertawa mendengar pembicaraan anda.

date Selasa, 11 Mei 2010

0 komentar to “5 cara memotivasi diri berbicara di muka umum”

Leave a Reply: